Sabtu, 18 Mei 2019

Mengenal Ban Radial

Ban radial merupakan ban yang konstruksi carcass dan lapisan cordnya membentuk sudut 90 derajat terhadap lingkaran ban.

Konstruksi yang demikian membuat ban radial memiliki kemampuan yang lebih kuat terhadap kecepatan tinggi serta daya tahan terhadap beban berat meskipun tidak sekuat ban bias.

Seperti yang sudah diketahui, ban radial memiliki konstruksi yang sangat khas yaitu adanya lapisan belt yang terbuat dari kawat baja melingkari keseluruhan tapak ban.

Selain itu, jika ban radial dilihat dari samping, konstruksi cord yang terbentuk mengarah ke arah radial terhadap pusat ban.

Lapisan seratnya yang menyilang serta konstruksi bead dibuat lebih kuat karena terbuat dari kawat baja lentur yang membuatnya mampu digunakan tanpa menggunakan ban dalam (tubeless) sekaligus juga lebih tahan terhadap guncangan.

Maka tak heran jika pada ban radial umum tercetak tulis Tubeless pada dinding samping ban.


Berikut konstruksi yang ada pada ban radial


Ban radial merupakan ban yang konstruksi carcass dan lapisan cordnya membentuk sudut  Mengenal Ban Radial

Baca juga :



Kelebihan Ban Radial


Seperti sudah disinggung pada paragraf diatas, ban radial memliliki banyak kelebihan-kelebihan sehingga ia banyak di minati khususnya untuk digunakan pada kendaraan kendaraan penumpang jenis citycar, suv, mpv dan sebagainya.

Berikut beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunaan ban radial

1. Nyaman saat dipakai berkendara

Meskipun ban radial menggunakan serat baja, pada kenyataannya ban radial lebih lentur saat digunakan. Hal ini akan berdampak pada kenyamanan yang lebih baik walaupun kendaraan harus melewati jalan yang bergelombang , rusak atau berlubang.

2. Traksi lebih baik

Saat digunakan, ban radial mendapat tekanan yang lebih di bagian dinding kanan dan kiri ban. Tekanan yang kuat ini membuat permukaan tapak ban yang menyentuh aspal menjadi lebih lebar. Otomatis, traksi (daya cengkram) yang didapatkan dari ban radial ini akan lebih baik dibanding ban bias

3. Lebih stabil di tikungan pada kecepatan tinggi

Karena konstruksinya yang melingkar dengan sudut 90 derajat terhadap lingkaran ban, membuat ban radial memiliki dinding-dinding ban yang lebih kuat dibanding ban bias.

Hal ini akan berimbas pada kestabilan bentuk ban dana daya cengkram terhadap aspal ketika melewati tikungan dengan kecepatan tinggi.

4. Heat Resistance yang lebih kuat

Ditribusi tekanan angin yang lebih merata pada tiap permukaan tapak ban saat melaju, membuat ban radial memiliki area penyebaran panas yang lebih merata di setiap permukaan tapak ban, utamanya yang bersentuhan langsung dengan aspal.